Tips Sukses dalam Membuka Bisnis Kafe dengan Modal Kecil

Saat ini, memiliki kafe merupakan bagian tak terpisahkan dari gaya hidup sebagian besar penduduk kota yang ingin melepas lelah setelah seharian bekerja. Melihat kenyataan tersebut, menjalankan bisnis kafein bisa menjadi usaha bisnis yang menjanjikan dengan modal yang kecil. Jika teman – teman  termasuk salah satu calon wirausahawan yang tertarik untuk memulai bisnis ini namun masih memiliki keterbatasan uang, berikut beberapa tips untuk membantu teman – teman  memulai bisnis kafe tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

  1. Menyewa Tempat dengan Budget Tepat

Salah satu kontribusi finansial terbesar saat mendesain bisnis kafe adalah dengan menyewa tempat. Apalagi bagi pemula dengan modal kecil, masalah sewa tempat ini harusnya bikin pusing kepala. Jika teman – teman  memiliki modal terbatas, teman – teman  dapat memulai bisnis ini sebagai kafe temporer dengan menggunakan rumah teman – teman  sendiri, mitra bisnis atau mungkin homepage orang lain. Menyewa teras atau tenda biasanya tidak semahal menyewa kios atau toko. Atau, taman bisa digunakan. Teman – teman  bisa menggunakan kafein dengan konsep luar ruangan. Selain bisa mengurangi biaya sewa balkon, tenda atau taman dalam ruangan, ternyata bisa membuat perbedaan pada kafe.

  1. Menggunakan Sistem Pegawai Paruh Waktu

Karyawan paruh waktu membuat biaya lebih mudah. Saat kafe mulai berjalan, tetap kerjakan apa yang dapat teman – teman  lakukan dan berikan pekerja paruh waktu sisa pekerjaan untuk menebus kekurangan. Selain manfaat upah, dengan menggunakan sistem paruh waktu ini memungkinkan karyawan hanya membayar tepat waktu sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, sehingga mencegah teman – teman membayar gaji penuh kepada karyawan selama bisnis kafe teman – teman.

  1. Membeli Bahan Baku dari Grosir

Teman – teman  dapat membeli makanan dan minuman dari pedagang grosir untuk menghemat biaya dari menu. Teman – teman  bisa membeli bahan baku dari grosir dengan harga yang jauh lebih murah daripada pengecer. Namun, untuk mendapatkan harga murah dari pedagang grosir, umumnya pembeli harus membeli lebih banyak. Ini adalah aturan yang berlaku hampir di semua tempat.

  1. Menerapkan Strategi Marketing yang Dapat Menghemat Biaya

Bisnis selalu membutuhkan marketing atau marketing agar dikenal banyak orang dan menambah jumlah customer. Namun, tidak jarang banyak pengusaha membuang-buang uang untuk iklan. Jadi cobalah untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat dengan biaya rendah. Teman – teman  dapat mencoba mengundang pelanggan atau pengunjung kafe untuk mendapatkan atap ekstra atau minuman gratis dengan mengulas kafe teman – teman di jejaring sosial mereka. Menggunakan strategi ini akan membuat bisnis teman – teman  lebih terlihat, dan pembaca akan merasa lebih percaya diri, karena review atau sertifikasi berasal dari konsumen berpengalaman, bukan dari pemilik bisnis.

  1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan sebuah pelayanan yang terbaik akan membuat para pelanggan  merasa nyaman di kafe teman – teman dengan memberikan layanan yang sangat baik dan ramah. Mereka secara tidak langsung merekomendasikan kafe tersebut sebagai tempat rekreasi bagi teman atau orang tersayang. Pelayanan prima selalu membuat teman – teman merasa nyaman dengan bisnis teman – teman.

Itulah beberapa tips yang dilansir dari Sudutgaji.com untuk membantu teman – teman  memulai bisnis kafe dengan modal kecil. Setelah bisnis teman – teman berjalan dan berjalan, teman – teman  perlu mulai berpikir untuk membuat laporan keuangan. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *