Syarat Bisnis Online Bisa Mendunia, Jangan Cuma Ngandelin SEO

Konsep pengoptimalan mesin pencarian atau search engine optimization (SEO) sudah bukan monopoli media online tetapi juga pelaku bisnis, terutama generasi milenial, agar produk atau jasa mereka dikenal banyak orang.

Di era digital seperti sekarang, semua bisnis memerlukan pemasaran di dunia maya atau internet. Meski begitu, masih banyak pelaku bisnis atau perusahaan yang belum betul-betul paham konsep SEO untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Menurut Pendiri dan Kepala Eksekutif Toffeedev, Ryan Kristo Muljono, penggunaan internet akan berdampak pada branding Indonesia di ranah internasional.

“Sekarang kita masuk di era internet yang lebih mudah. Jauh lebih mudah untuk mempromosikan produk di dunia online,” kata dia di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.

Berdasarkan laporan terbaru We Are Social, bahwa ada 175,4 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun ini. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, maka ada kenaikan 17 persen atau 25 juta pengguna internet.

Berdasarkan total populasi Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, maka itu artinya, 64 persen penduduknya sudah merasakan akses ke dunia maya.

Begitu juga data yang tak kalah menariknya, yaitu ada 160 juta pengguna aktif media sosial (medsos). Bila dibandingkan tahun lalu, maka pada tahun ini We Are Social menemukan ada peningkatan 10 juta orang Indonesia yang aktif di medsos.

Adapun medsos yang paling banyak dibuka oleh pengguna internet Indonesia antara lain YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Tik Tok hingga Reddit.

“Indonesia akan memiliki jutaan situs sebagai dampak dari perkembangan teknologi. Artinya, ini yang akan menghasilkan jutaan trafik,” tutur Ryan.

Sementara itu, Neil Patel, yang dikenal lewat CrazyEgg, UberSuggest dan Kissmetrics, menyebut bahwa pelaku bisnis tidak bisa hanya mengandalkan satu saja, namun semua butuh keseimbangan.

“Ini bukan masalah lebih baik menggunakan SEO atau iklan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah membangun brand yang kuat terlebih dahulu. Lalu setelah itu, optimalkan brand tersebut dengan beragam cara pemasaran dan optimasi SEO,” tegasnya.

Neil menambahkan optimasi SEO juga harus ditunjang dengan kemampuan membangun kedekatan dengan user yang berkunjung ke website yang dibangun. Ia mengingatkan sebisa mungkin buat pengunjung terus kembali ke website di lain waktu. “Belajar SEO itu adalah hal baik yang bisa dilakukan,” jelas dia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *