Pilihan Mimbar Masjid Modern, Desain dan Materialnya

Mimbar masjid digunakan untuk tempat menyampaikan ceramah atau berdakwah ketika di masjid. Ada banyak jenis mimbar masjid yang bisa dipilih, mulai dari yang minimalis, modern hingga yang mewah.

Mimbar ada di dalam masjid, paling sering digunakan untuk menyampaikan dakwah atau ceramah ketika melaksanakan shalat jum’at atau bisa disebut dengan Khutbah Jum’at dan juga ada yang digunakan jika ada acara pengajian dan menghadirkan ustadz untuk mengisi ceramah.

Kebanyakan mimbar masjid terdapat kaligrafi ukir jepara. Dengan tambahan ukiran pada mimbar tersebut, membuat tampilanya lebih cantik dan bagus. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak jenis mimbar masjid yang bisa kamu pilih.

Daftar Pilihan Mimbar Masjid Modern, Desain dan Materialnya

Setiap masjid tentunya memiliki mimbar didalamnya. Perlu kamu ketahui bahwa mimbar yang modern tentunya memiliki ciri khas. Adapun cirinya ialah desainya lebih ringkas, simple jika dibandingkan dengan jenis mimbar lainya.

Meskipun terlihat simple, namun mimbar modern ini memiliki sisi yang elegant dan mewah. Nah berikut ini merupakan beberapa daftar bahan material yang bisa kamu gunakan untuk membuat mimbar modern:

  1. Mimbar Masjid Kayu

Pertama ialah mimbar masjid kayu. Bahan kayus sering digunakan untuk membuat mimbar. Untuk jenis kayu yang digunakan yaitu jenis kayu jati dan mahoni. Kayu jati lebih bagus kualitasnya jika dibandingkan dengan kayu mahoni. Untuk harganya juga kayu jati jauh lebih mahal.

Untuk jenis mimbar masjid kayu ini memiliki ciri khas yaitu seperti tidak mempunyai banyak ukiran, polosan dan tentunya lebih simple serta ringkas.

  1. Mimbar Masji Besi

Kedua ialah mimbar masjid besi. Selain kayu, besi juga bisa digunakan untuk bahan membuat mimbar masjid. Ada banyak desain mimbar besi dikombinasikan dengan bahan kayu.

Untuk desainnya akan terlihat lebih modern. Selain itu juga bisa dikombinasikan dengan kaca. Untuk desainya lebih minimalis dan simple. Meskipun demikian, namun tetap kokoh untuk tempat menyandarkan tangan atau pegangan.

  1. Mimbar Masjid Kaca

Ketiga ialah mimbar masjid kaca. Untuk mimbar ini memakai bahan material 100% kaca atau bisa juga dengan kombinasi kaca dengan bahan lainya seperti besi atau kayu.

Untuk desain mimbar jenis ini sering digunakan untuk acara-acara formal. Namun jarang sekali dipakai untuk mimbar masjid.

  1. Mimbar Masjid Marmer

Keempat ialah mimbar masjid marmer. Untuk mimbar masrmer ini bisa juga loh dipasangi dengan ukiran kaligrafi seperti ukiran teks Bahasa Arab. Untuk desainya hampir mirip dengan desain mimbar mimbar kayu minimalis.

Dengan adanya ukiran yang ada di dalam mimbar, tentunya akan menjadikan mimbar tersebut lebih cantik.  Kamu bisa memilih mimbar yang modern, namun jangan terlalu moder, pilih mimbar yang terdapat ukiranya, pilihlah mimbar yang berbeda desain dengan mimbar agama lain dan sesuaikan budget.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *