Patut Bangga, Kita Punya Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Perpustakaan tak lagi tempat yang membosankan. Seperti Perpustakaan Nasional yang didaulat sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Perlu nih traveler ketahui, di Jakarta ada perpustakaan yang didapuk sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Yaitu Perpustakaan Nasional yang memiliki tinggi 126,63 meter dengan gedung layanan 24 lantai .detikcom datang ke Perpustakaan Nasional dan merasakan langsung kemegahan bangunan ini.  Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas) berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat atau seberang parkiran IRTI Monas.

Untuk mencapainya pun gampang, traveler bisa menggunakan Transjakarta dan berhenti di Halte Monas. Setelah itu berjalan kaki ke gedung perpustakaan. Bicara tentang fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, Perpusnas sangatlah lengkap. Semua adanya di sini, sebut saja ruang multimedia, ruang naskah, ruang baca, auditorium, kafe, masjid, kantin dan masih banyak lagi. Semua layanan yang ada di Perpusnas bisa dinikmati oleh siapapun. Mulai dari anak-anak, dewasa, lansia hingga disabilitas. Semuanya ada di sini. Lengkap!

Kamu bisa datang setiap hari ke Perpusnas. Layanan dibuka setiap hari Senin-Kamis 08.00- 21.00 WIB, hari Jumat pukul 09.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pada pukul 08.00-16.00 WIB. Nah traveler yang sekedar ingin membaca buku, bisa naik ke lantai 21 hingga 22. Lantai 23 menyajikan buku mancanegara, sedangkan lantai 24 menyimpan buku kisah-kisah nusantara. Untuk buku, Perpusnas pun menyimpan ribuan buku. Dilihat dari katalog online, terdapat sekitar 921.203 judul buku. Itu baru buku fisik, selain itu juga terdapat kurang lebih 1,5 juta artikel digital yang bisa dilihat oleh para mahasiswa untuk keperluan kuliah.

Yang paling menarik lagi adalah di lantai 24, dimana kamu bisa melihat kota Jakarta dari lounge. Di sana ada bangku yang bisa kamu gunakan untuk duduk dan mengamati. Sering juga di lantai 24 ada kegiatan workshop dan pameran. Biasanya, Perpusnas juga punya event menarik yang bisa kamu lihat di media sosial, salah satunya Instagram. Di sana Perpusnas sering membagikan informasi terbaru mengenai kegiatan. Tidak terasa udah memasuki bulan kedua di tahun 2020. Memasuki bulan baru, saatnya rilis jadwal film #PerpustakaanNasional RI . Ditunggu yaaaa, nonton bersama #SahabatPerpusnas lainnya. Untuk pendaftaran, silakan daftar ke Arief di 0895338048070. Ingat, pilih film sesuai usia ya. Tempat terbatas. Gratiiiis~

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *