Kuliner ‘Janda’ yang Bikin Kamu Ketagihan Mencobanya, Jangan Ketinggalan

Apa yang terlintas di benak Anda tentang ‘Janda’? Pasti negatif bukan? Janda merupakan wanita yang sudah berstatus sendiri alias tidak lagi memiliki suami, baik itu karena bercerai atau ditinggal pergi oleh suaminya selamanya. Status ini pastinya sangat rentan di mata masyarakat dari segala permasalahan dan pandangan yang negatif. Status janda pasti akan membuat masyarakat sekitar bertanya-tanya, apa penyebabnya mereka jadi sendiri alias single.

Begitu juga dengan kuliner unik Indonesia berikut ini, yang dijamin bisa bikin masyarakat bertanya-tanya akan penyebutannya. Tidak heran, jika Indonesia begitu banyak memiliki ragam kuliner yang membuat masyarakat penasaran. Hal tersebut lantaran, jenis-jenis makanan yang ditawarkan menggunakan nama-nama unik nun nyeleneh. Seperti halnya, kuliner dengan nama-nama yang bisa bikin masyarakat jadi ‘Ngeres’.

Tapi kali ini kita tidak ingin membahas soal makanan dengan nama-nama atau tema yang ‘ngeres’, melainkan bikin masyarakat jadi memiliki stigma negatif pada makanan tersebut. Ya, kali ini kami akan membahas kuliner Indonesia dengan mengusung nama ‘Janda’. Tak biasa kan untuk didengar? Lantas, ada apa saja?

Bakmi Janda

Pertama-tama, kita akan pergi ke tempat yang sedikit jauh yaitu daerah Surabaya. Di sana ternyata memiliki kuliner unik bertemakan ‘janda’. Yaitu bakmi Janda, yang lokasinya berada di Jalan Raya Jemursari 76 BlokC-38, Surabaya. Tak hanya namanya yang unik, konsep penjualan dari kedai ini pun sangat menarik pelanggan. Mulai dari tempat menjualnya hingga pramusaji yang memiliki status janda.

Sop Janda Bekasi

Jika tadi bahas kuliner asal Surabaya, kini kita langsung beralih ke daerah Bekasi. Ternyata, usut punya usut kota ini miliki makanan yang legendaris. Masyarakat kota Bekasi mungin sudah tidak asing lagi dengan kuliner ini.

Sop Janda sudah ada sejak tahun 1997, Janda sendiri merupakan singkatan ‘Jawa-Sunda’. Di sini terkenal dengan menu sop janda yang memanjakan lidah, karena rasa pedas hangatnya yang bikin nagih. Semangkuk sop janda terdiri dari daging sapi, tulang sapi, dengan perpaduan kuah kaldu kental, yang dlengkapi cabai ijo yang pedas. Wajib dicoba!

Rondho Royal

Makanan ini merupakan kuliner yang asalnya dari Jepara. Ini merupakan tape goreng dengan citarasa asin, manis dan asam. Rondho berenang paling enak disantap saat sedang hangat. Rondho langit memiiki arti, rondho dalam bahasa Jawa diartikan sebagai janda dan royal bisa diartikan sedikit mewah. Menarik dan unik bukan?

Janda berenang

Kuliner terakhir bertemakan ‘Janda’ adalah janda berenang. Makanan ini berasal dari Sumbawa. Penamaannya sendiri sangat mengundang penasaran banyak orang. Asal-usul ‘Janda Berenang’ berasal dari seorang janda yang membuat kue ini. Saat membuat kue, si janda ini pergi (berenang dalam bahasa Sumbawa artinya pergi) dari rumah dan tak kembali.

Makanan khas Sumbawa yang satu ini sangat diminati oleh banyak orang terutama masyarakat Sumbawa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *