Kendala Belajar Online bagi Siswa di Masa Pandemi

Pada saat pandemi seperti ini, mengharuskan banyak aktivitas dilakukan dari rumah, tanpa terkecuali untuk belajar dari rumah. Belajar jarak jauh yang dilakukan secara online memang mempunyai banyak sekali keuntungan. Namun dengan adanya model pembelajaran tersebut menjadikan banyak sekali perubahan baik dari sisi model pembelajaran dan juga penilaian. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah kendala bagi pengajar maupun siswa.

Banyak para siswa yang merasa kurang paham ketika pembelajaran online, yang paling utama dirasakan adalah kurangnya dukungan akses internet. Selain itu juga terkadang rasa malas yang begitu besar karena harus belajar sendiri dirumah, tanpa adanya teman-teman seperti layaknya dibangku sekolahan.

Selain hal diatas, masih banyak juga kendala-kendala yang lainnya yang dirasakan oleh siswa selama belajar online. Berikut ini akan kami rangkumkan apa sajakah kendala belajar online selama masa pandemi.

Keterbatasan Internet

Seperti yang sempat kami singgung diatas, jika kendala dalam belajar online yang paling utama dirasakan adalah akses internet. Tidak semua daerah support dengan jaringan internet yang bagus terlebih lagi untuk mereka yang lokasinya didaerah pedalaman. Selain itu, siswa juga harus mengeluarkan cukup banyak dana untuk membeli kuota internet. Belum lagi jika nanti ada kendala sinyal karena cuaca buruk, siswa akan sulit untuk berkonsentrasi.

Kesulitan Memahami Materi

Jika proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka, ketika menemui kesulitan siswa bisa langsung bertanya pada guru, namun hal ini akan berbeda jika pembelajaran dilakukan dengan online. Terlebih lagi jika nantinya ada gangguan dari akses internet yang digunakan. Dengan model belajar online seperti ini siswa diharuskan lebih kreatif sendiri dengan mencari sumber-sumber materi yang lainnya.

Banyak siswa yang kurang menyukai belajar mengajar dengan cara online karena model belajar seperti ini guru lebih banyak memberikan tugas kepada siswa namun sangat minim dalam memberikan penjelasan terhadap materi.

Malas dan Susah Konsentrasi

Selain kedua hal diatas, hal lain yang menjadi kendala belajar online adalah munculnya rasa malas sehingga menjadikan sulit konsentrasi terhadap mata pelajaran yang diberikan. Pasalnya tugas-tugas yang diberikan sangat banyak dan juga siswa lebih banyak waktu bermain. Hal ini sangat berbeda ketika belajar langsung dengan tatap muka.

Itulah beberapa kendala yang sangat sering dirasakan oleh siswa selama proses belajar secara online. Selain beberapa hal diatas sebenarnya masih banyak kendala yang lainnya. Untuk kendala yang dialami siswa bisa saja sangat berbeda-beda, hal tersebut sesuai dengan kondisi siswa sendiri. Semoga pandemi ini segera berakhir dan seluruh aktivitas bisa dilakukan secara normal seperti semula termasuk kegiatan belajar disekolah.

Untuk anda yang saat ini sedang membutuhkan refrensi jawaban atau kunci jawaban tematik, anda bisa mendapatkannya disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *