Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai Dibanding Keramik dan Vinyl

Epoxy lantai merupakan sebuah alternatif jika anda menginginkan sebuah lantai yang bersih, rapi dan mengkilap namun tidak mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Kenapa dibilang tidak mahal? karena jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk biaya pemasangan lantai granit atau marmer tentu saja untuk epoxy lantai masih jauh dibawahnya dengan hasil akhir yang sama, yakni sama-sama mengkilap dan terlihat mewah.

Banyak gedung, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan perusahaan besar lainnya yang lebih memilih menggunakan cat epoxy untuk lantainya daripada menggunakan keramik. Pasalnya untuk harganya sendiri memang cukup terjangkau, dan kualitasnya sama bahkan lebih kuat menggunakan cat epoxy.

Kelebihan Menggunakan Epoxy Lantai

Tidak hanya menang dari segi harga saja, namun menggunakan epoxy lantai juga mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah hasil akhirnya terlihat lebih mengkilap dan juga bersih. Dengan menggunakan epoxy lantai, lantai lebih kuat dan tidak mudah retak. Maka dari itu banyak gedung yang lebih memilih menggunakan epoxy lantai jika dibandigkan meggunakan keramik. Cat epoxy juga bisa melindungi beton, sehingga keawetannya pasti lebih lama.

Kekurangan Menggunakan Epoxy Lantai

Meskipun mempunyai beberapa kelebihan, namun epoxy lantai juga mempunyai kekurangan yang perlu untuk diketahui. Adapun beberapa kelemahan dari epoxy lantai adalah sebagai berikut.

  • Hasil dari epoxy lantai memang terlihat bersih dan mengkilap, namun itu juga sesuai dengan kenyataannya. Sehingga lantai yang menggunakan cat epoxy permukaannya sangat licin. Terlebih lagi jika lantai sering di pel dengan menggunakan sabun.
  • Lantai dengan cat epoxy mempunyai bau yang cukup menyengat, karena bahan kimia yang digunakannya.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan menggunakan epoxy lantai. Pastikan anda mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan epoxy lantai pada tempat tinggal maupun perusahaan anda.

Untuk masalah harga sebenarnya tergantung jasa epoxy lantai manakah yang akan anda pilih nantinya. Selain itu, tebal tipisnya pengaplikasian cat epoxy juga akan sangat mempengaruhi harga. Pastikan anda memilih jasa epoxy lantai yang mempunyai legalitas jelas, agar tidak ada penyesalan pada anda nanti dibelakangnya.

Langkah-langkah Pengecatan Lantai Beton

Memberikan Lapisan Primer Epoxy

Langkah pertama yang dilakukan sebelum mengecat lantai beton adalah dengan memberikan lapisan promer epoxy. Dalam hal ini anda bisa menggunakan roll agar pengerjaan lebih cepat.

Memberikan Lapisan Plamir

Setelah anda memberikan lapisan primer epoxy, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga lapisan tersebut benar-benar kering. Jika sudah kering maka selanjutnya anda bisa memberikan lapisan plamir pada bagian atasnya. Dan tunggu hingga kering

Memberikan Lapisan Epoxy Dasar dan Cat Epoxy

Setelah selesai memberikan lapisan plamir, selanjutnya adalah memberikan lapisan epoxy dasar dan kemudian melakukan pengecatan lantai. Jangan lupa anda menentukan finishing apakah yang akan anda pilih nantinya, untuk finishing anda bisa memilih doft ataupun glossy.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *