Kamu Tahu Lotek? Ini 4 Lotek Legendaris di Bandung

Bandung, ibu kota provinsi Jawa Barat ini memiliki segudang kuliner yang lezat. Mulai dari batagor, nasi timbel, mi kocok, seblak, surabi, colenak, peyeum dan masih banyak lagi. Nah, ada satu kuliner Bandung yang bahan dasarnya adalah sayur-mayur. Dia adalah lotek.

Jika melihat penampakannya, sekilas mirip sekali dengan gado-gado. Terdiri dari beberapa sayur yakni kol, bayam, dan taoge. Namun lotek dan gado-gado berbeda. Hal yang membedakan mereka yakni rasa kencur yang kuat pada bumbu lotek. Nah, kalau kalian ke Bandung wajib mencoba lotek. Berikut adalah 4 lotek legendaris di Bandung.

  1. Lotek Alkateri

Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1988. Lotek Alkateri tidak menggunakan kios untuk berjualan, tetapi menggunakan pinggir jalan tepat di atas trotoar yang ditutupi tenda. Penyajiannya cukup unik dan khas yaitu dengan kertas nasi yang dibentuk kerucut. Sayuran di dalamnya ada kangkung, pepaya, waluh, taoge, kacang panjang, dan kol. Bila suka, bisa ditambahkan potongan pare ke dalamnya. Selain itu, lotek ini juga dicampur taburan bawang goreng dan diselipkan kerupuk.

  1. Lotek Kalipah Apo 42

Lotek Kalipah berdiri sejak tahun 1953. Tempatnya nyaman dan pastinya rasa lotek di sini enak karena sudah bertahan lebih dari 60 tahun. Wow banget, kan?

  1. Warung Lotek Macan

Warung Lotek Macan pertama kali dirintis pada 1956 oleh Tanita Sari. Namun yang dijual hanya rujak saja. Barulah pada 1974, Warung Lotek Macan resmi berdiri dan menambahkan lotek sebagai menu andalannya. Hingga saat ini Warung Lotek Macan diteruskan oleh Wawa, selaku pemilik dan anak pertama dari perintis warung ini.

  1. Lotek Tjihapit

Lotek Tjihapit berdiri sejak tahun 1970. Warungnya tidak terlalu besar namun citarasa lotek di sini jangan diragukan lagi. Selain lotek ada juga menu lain seperti ayam goreng dan sambal yang bisa kalian pesan.

Itu dia 4 lotek legendaris yang bisa kamu cicipi kala di Bandung. Selain menyehatkan karena berbahan dasar sayuran, citarasa yang enak dan lezat akan bikin kamu ketagihan. Setelah mencoba lotek, ada baiknya kalian mencoba kuliner legendaris Bandung lainnya. So, selamat berwisata kuliner ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *