Daftar dan Jenis Kayu Tahan Rayap

Di Indonesia banyak sekali jenis kayu yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan rumah dan juga furniture, namun dari sekian banyak jenis kayu tersebut sayangnya tidak semua kayu mempunyai daya tahan yang baik terhadap serangan hama pemakan kayu, yakni rayap.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang daftar dan jenis kayu tahan rayap. Jadi kemungkinan besar bisa menjadi refrensi untuk anda semua jika nantinya anda akan membuat kerangka rumah maupun juga furniture rumah anda.

Daftar Kayu Yang Tahan Rayap

Kayu Jati

Salah satu jenis kayu tahan rayap yang sudah diakui diberbagai penjuru adalah jati. Kayu jati mempunyai tekstur yang sangat kokoh dan kuat. Dan untuk beratnya sendiri juga cukup lumayan, sehingga membutuhkan beberapa orang untuk bisa mengangkatnya.

Dari zaman nenek moyang dahulu, kayu jati sudah teruji sangat kuat dengan serangan hama rayap, jamur dan juga cuaca. Kayu jenis yang satu ini tidak akan mudah berjamur meskipun ditempatkan pada tempat lembab dan sering terkena air.

Karena kualitas yang dimilikinya, maka tidak heran jika banyak orang yang fanatik hingga tidak mau menggunakan pilihan kayu lain jika tidak menggunakan kayu jati untuk furniture rumah mereka.

Kayu Merbau

Jika anda merasa kayu jati terlalu mahal untuk didapatkan, maka anda bisa menggantinya dengan kayu merbau. Kayu jenis ini mempunyai tekstur kayu yang keras maka dari itu, rayap akan kesulitan untuk memakannya. Untuk ciri dari kayu merbau sendiri adalah mempunyai warna coklat kemerahan dengan tambahan tekstur garis putus-putus.

Kayu Sengon

Kayu sengon bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda ketika anda memutuskan untuk membuat lantai rumah anda dengan kayu. Selain itu, sengon juga bagus digunakan untuk paan pelapis dan juga peti pengemas. Jenis kayu yang satu ini tergolong sangat mudah ditemukan.

Kayu Ulin

Hampir sama dengan merbau, kayu ulin juga mempunyai tekstur yang kerasa dengan diameter yang lebar yakni sekitar 60 hingga 80 senti meter. Kayu ini juga bisa anda pilih sebagai alternatif lain selain kayu jati.

Kayu Kamper

Selain kayu jati, kayu merbau, kayu sengon dan juga kayu ulin, kayu kamper bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin mempunyai furniture aman dari serangan hama rayap. Kamper tidak disukai oleh rayap karena mempunyai bau khas, jadi bisa dipastikan furniture anda akan lebih awet.

Diatas adalah daftar dan jenis kayu tahan rayap yang mungkin bisa anda jadikan sebagai pilihan untuk furniture anda. Namun jika anda sudah terlanjut mempunyai furniture yang terbuat dari bahan baku yang gampang diserang oleh rayap, maka anda tidak perlu kuatir untuk mengusirnya. Anda bisa langsung menyerahkannya pada jasa anti rayap yang terdekat dengan tempat tinggal anda.

Anda yang tinggal disekitar Bandung, bisa memanggil jasa anti rayap Bandung. Tim pembasmi rayap tersebut akan bekerja dengan cepat untuk melakukan pembasmian rayap hingga pada akarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *