Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi

Saat membaca sebuah bacaan tentu agar lebih mudah mencarinya terkadang kita membuka daftar isi.  Daftar isi berguna untuk memudahkan kita dalam mencari sub judul ataupun halaman pada sebuah bacaan. Membuat daftar isi ternyata susah-susah gampang dan tidak jarang membuat orang enggan untuk membuatnya dari awal dan memiliki untuk copy paste saja sebagai jalan pintas.

Ada dua cara dalam membuat daftar isi yaitu cara membuat daftar isi manual dan cara membuat daftar isi otomatis yang bisa dilakukan baik di halaman microsoft word maupun halaman google docs. Kali ini kami akan memberikan panduan atau Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi serta otomatis yang bisa anda gunakan tanpa ribet dan pastinya dalam waktu singkat.

  1. Membuat daftar isi otomatis pada microsoft word
  • buka aplikasi microsoft word kemudian blok di bagian yang ingin anda buat menjadi sebuah daftar isi lengkap dengan judul dan sub judulnya.
  • pada bar home, pilihlah fitur style dan pilihlah style heading 1 untuk bagian utama serta heading 2 untuk sub bagian. Lakukan point ini secara terus menerus sampai sub bagian tugas anda terselesaikan.
  • Jika anda sudah selesai mengatur heading, pilih menu references yang teretak pada bagian home.
  • Pilih menu table of contents, ubah atau tambah rincian dari daftar isi dengan cara klik di bagian daftar isi dan pilih update table di bagian pojok kiri atas hingga daftar isi selesai sesuai dengan yang anda inginkan.
  1. Membuat daftar isi otomatis pada google docs
  • Buka browser pada komputer maupun laptop anda kemudian buka halaman baru di https://docs.google.com
  • Jika dokumen sudah terbuka yang harus anda lakukan pertama kali yaitu memasukan tiap-tiap bab pada daftar isi. Blok salah satu atau awal judul yang anda ketik tersebut.
  • Jika sudah klik pilihan normal text pada bagian kolom menu. Drop down dari menu normal text ini ada banyak sekali, untuk membuat daftar isi pilih heading 1-4.
  • Ulangi langkah di atas hingga semua bab yang ada tulis memiliki headling masing masing.
  • Langkah selanjutnya yaitu klik insert atau sisipkan, kemudian pilih kembali table of contents. Nantinya akan ada banyak pilihan tipe daftar isi yang tersedia, pilih sesuai keinginan anda. Secara otomatis daftar isi yang anda buat sudah tersimpan.

Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi tentu tidak terlalu sulit karena anda bisa membuatnya baik secara online maupun offline.  Tidak perlu anda perhatikan adalah google docs tidak terhubung dengan microsoft word, jadi anda hanya perlu mendownload daftar isi tadi dengan cara mengunduhnya, tidak perlu di copy paste.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *