Cara Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

Kebutuhan akan listrik menjadi salah satu kebutuhan yang saat ini tidak bisa dikesampingkan.  Banyak sekali aktivitas yang kita lakukan sehari-hari sangat bergantung dengan listrik misalnya saja kegiatan rumah tangga dan lain sebagainya. Bahkan saat pemadaman listrik yang notabenenya saja membutuhkan waktu sebentar kita sudah kalang kabut dibuatnya.

Listrik yang kita gunakan saat ini disediakan oleh PT. Perusahaan Listrik negara atau PLN. Yang tagihan tiap bulanya biasa kita bayarkan sejumlah dengan pemakaian kita setiap bulannya.  Tagihan yang kita bayarkan juga biasanya sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Untuk jenis pembayaran listrik sendiri sekarang tersedia 2 jenis yaitu tagihan listrik prabayar serta tagihan listrik pasca bayar.

  • Tagihan listrik prabayar adalah tagihan listrik yang kita tentukan sendiri jumlah atau nominal penggunaannya menggunakan pulsa listrik. Sama hal nya seperti pengisian pulsa telepon selular, pulsa listrik harus di isi terlebih dahulu melalui meterai listrik dengan memasukan kombinasi 20 angka. Nantinya pulsa listrik akan masuk sejumlah dengan pengisian yang anda lakukan. Pengisian mulai dari Rp. 20.000 Kelebihan dari pembayaran listrik prabayar tentu saja anda bisa lebih mengontrol pengeluaran serta tidak akan terkena denda karena telat dalam pembayaran. Tetapi resikonya anda harus sedia pulsa listrik jika sewaktu-watu pulsa listrik anda habis.
  • Tagihan listrik pascabayar adalah tagihan listrik yang harus anda bayar setiap bulanya yang dihitung berdasarkan pemakaian anda. Kelebihan tagihan listrik jenis ini tentu saja anda lebih bebas menggunakan listrik tanpa takut listrik padam akibat pulsa yang habis. Tetapi kekuranganya anda bisa saja membayar tagihan listrik yang over budget atau tagihan yang terlampau besar dan adanya resiko denda.

Cara Cek Tagihan Listrik dengan Mudah :

Dibawah ini adalah 3 cara cek tagihan listrik yang bisa anda coba lakukan untuk mengetahui berapa sih tagihan yang harus dibayar.

  1. Melalui telepon

Anda bisa mengecek tagihan listrik melalui sambungan telepon.  Caranya cukup mudah yaitu kode area dilanjutkan dengan 123. Contohnya jika anda berada di wilayah DKI Jakarta, maka anda cukup menelpon pada nomor 021 123.  Jika telepon sudah tersambung, silahkan saja anda ikuti penduan dari operator yang anda memudahkan anda unutk mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan pada bulan ini. Pengecekan tagihan listrik lewat telepon ini bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja, karena bisa diakses selama 24 jam.

  1. Melalui website

Anda juga bisa melakukan pengecekan tagihan listrik melalui website. PLN juga memberikan akses pengecekan tagihan yang akurat via website. Caranya cukup mudah karena ana hanya perlu mengakses situs www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online dan Anda akan menemukan kolom untuk mengisi ID pelanggan. Masukan ID pelanggan PLN dan masukan kode unik atau captcha sejumlah 6 digit, nantinya akan muncul tagihan bulanan listrik yang wajib anda bayarkan.

  1. Melalui sms

Kemudahan melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan juga dapat anda dapatkan dengan cara mengirimkan sms dengan menggunakan format REK(spasi)No ID Pelanggan, kirim ke nomor 8123. Namun harus anda ketahui bahwa layanan ini baru bisa dinikmati oleh anda pengguna beberapa operator selulat terdaftar seperti telkomsel, xl serta indosat.

Itulah beberapa Cara Cek Tagihan Listrik khususnya bagi anda pengguna listrik pasca bayar.  Kemudahan yang dihadirkan oleh PLN tentu saja patut kita apresiasi, apalagi sekarang pembayaran tagihan listrik tidak hanya bisa dilakukan di loket PLN saja, tetapi juga lewat berbagai cara seperti melalui market place, via ATM, transfer lewat minimarket seperti alfamart serta indomaret.  Tetapi jangan lupa untuk selalu bijak dan hemat dalam menggunakan listrik ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *