Canggih! Restoran di Jepang Pekerjakan Robot Jadi Bartender

Sebuah restoran di Jepang sedang kekurangan karyawan. Bukannya membuka lowongan, mereka malah mempekerjakan robot untuk jadi bartender. Jepang memang negara yang sangat maju terkait dengan teknologi
robotika. Yang terbaru, ada robot yang diciptakan untuk menjadi bartender di sebuah restoran.
Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (14/2/2020), robot bartender tersebut bekerja di Zeroken Robo Tavern, sebuah bar di Stasiun Ikebukuro di Jepang, yang masih bagian dari jaringan restoran Yoronotaki.

Sebelum Terkena Corona Robot tersebut dipekerjakan oleh pihak restoran karena mereka kesulitan untuk mencari orang yang mau bekerja sebagai bartender. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mempekerjakan robot
sebagai bartender. Robot canggih ini sendiri didesain oleh perusahaan bernama QBit Robotics yang spesialis membuat robot. Robot bartender buatan QBit Robotics ini bukan yang pertama, karena mereka juga membuat robot serupa untuk melayani restoran pasta.

Sebelum dilayani oleh si robot bartender, traveler terlebih dahulu memesan minuman yang diinginkan lewat mesin pemesanan. Setelah membayar, traveler akan mendapat struk berisi QR Code. Berikan QR Code ini kepada si robot, dia akan memindainya. Setelah proses itu selesai, baru si robot bartender ini akan membuatkan pesanan punya traveler. “Kami akan membuatkan minuman yang lezat untuk para pelanggan, jadi harap tunggu ya,” jawab si robot.

Cukup menunggu 40 detik, traveler sudah bisa menikmati segelas bir dingin yang disajikan oleh si robot bartender. Waktu tunggu yang sama juga berlaku apabila traveler memesan racikan minuman cocktail. Pekerjaan si robot jauh lebih cepat dari bartender manusia.

Lebih canggihnya lagi, robot bartender ini mampu membaca emosi yang saat itu sedang dirasakan traveler. Apakah kalian sedang senang, emosi, atau sedih, semua bisa dirasakan oleh si robot bartender. Robot bartender ini dibekali oleh kamera dan kecerdasan buatan (AI) yang bisa ‘memindai’ ekspresi wajah, raut muka atau bahkan ketegangan otot traveler. Nantinya, si robot akan memberikan respon seperti emoji tersenyum untuk menghibur traveler. Canggih kan?

Di bar tempat robot ini bekerja, traveler bisa memesan minuman seperti Robo draft beer, Scotch Hilo ball, Robo lemon sour, Robo plum wine soda, hingga pink robo feelings. Semua harga minumannya 500 Yen, sudah termasuk pajak.¬†Untuk membuat si robot bartender, diperlukan dana sebesar USD 82 ribu (setara Rp 1,1 Miliar). Dana itu setara dengan rata-rata gaji selama 3 tahun seorang bartender di Jepang. “Yoronotaki memutuskan untuk mencoba bartender robot karena ini bisa jadi solusi bagi tantangan perusahaan, yaitu pekerja. Kekurangan pekerja di industri makanan adalah masalah yang serius dan perusahaan kami tidak main-main soal itu,” kata Yukio Tsuchiya, Direktur Yoronotaki.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *