Berwisata ke Saung Ranggon Cikarang

Saung Ranggon adalah wisata sejarah yang ada di Kota Cikarang. Berwisata ke tempat yang sarat akan sejarah tidak selalu membosankan kok. Justru disamping bisa seru-seruan, Anda juga bisa mendapat banyak pengetahuan.

Jika Anda sedang berada di Cikarang, silahkan eksplor berbagai wisata menarik yang ada di sana, salah satunya adalah Saung Ranggon. Anda beserta teman-teman bisa sewa bus pariwisata Cikarang agar akomodasi menjadi lebih mudah.

Anda tertarik mengetahui lebih jauh tentang Saung Ranggon? Berikut ini adalah ulasannya.

Saung Ranggon Cikarang

Ia adalah sebuah bangunan bersejarah yang bentuknya menyerupai gazebo, hanya ukurannya lebih besar.

Bangunan dengan ukuran 7.6 X 7.2 meter ini dibangun dengan jarak sekitar 2.5 meter dari tanah. Tujuannya pada saat itu adalah untuk mengantisipasi serangan binatang buas.

Pada masa itu, bangunan tersebut dipergunakan sebagai tempat penyimpanan padi atau hasil pertanian lainnya. Sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat pementasan kesenian adat seperti jaipong, wayang kulit, atau pemandian pusaka.

Saung Ranggon berlokasi di Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Desa ini memang cukup terpencil, namun keasriannya sangat mengagumkan.

Sejarah dan Daya Tarik Saung Ranggon

Saung Ranggon istimewa karena keasrian dan juga sejarah yang melatarbelakanginya. Konon, Saung ini sudah ada sejak abad ke-16 masehi yang ditemukan oleh Raden Abbas.

Beliau adalah serang pemimpin Kerajaan Mataram yang pernah mencapai kejayaan pada tahun 1821. Beliau juga turut serta dalam melawan Penjajah Belanda.

Adapun yang membangun Saung Ranggon adalah pangeran Rangga, keturunan Raja Jayakarta. Saung Ranggon merupakan tempat pelarian beliau dari tentara VOC. Pohon besar dan rindang mengelilingi Saung tersebut.

Anda bisa melepas penat di bawah pepohonan sekitar Saung. Anda juga bisa naik ke Saung Ranggon dan melihat keadaan di sana dengan leluasa. Namun sebelum itu, Anda harus minta izin terlebih dahulu.

Fasilitas Umum Saung Ranggon

Obyek wisata ini terkelola dengan cukup baik. Fasilitas untuk wisatawan pun cukup memadai, seperti tempat parkir, toilet, sarana ibadah, hingga penginapan.

Harga Tiket Masuk Saung Ranggon

Hingga saat ini, wisatawan lokal maupun mancanegara tidak dibebani tiket masuk. Artinya, Anda bisa mengunjungi Saung Ranggon kapanpun secara gratis.

Adapun jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, dikenakan biaya parkir beberapa ribu rupiah. Begitu juga jika ingin menginap di sekira Saung Ranggon, Anda harus mengeluarkan uang untuk membayarnya.

Jika Anda bukan penduduk Cikarang asli, bisa datang ke Saung Ranggon setelah selesai mengunjungi wisata menarik lainnya yang ada di Cikarang.

Setelah mengunjungi berbagai lokasi wisata yang dibalut dengan nuansa modern, Anda tutup dengan mengunjungi Saung Ranggon yang asri dan penuh dengan sejarah.

Anda bisa mengambil banyak gambar di dalam Saung, atau menjadikan Saung sebagai background foto. Belum lagi deretan pohon rindang yang membuat wisata patilasan ini tambah memukau.

Itulah ulasan mengenai wisata Saung Ranggon Cikarang. Wisata sejarah murah meriah!!

  • ira

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *