Asal Usul Permainan Bola Voli

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang cukup populer di dunia, bahkan di indonesia. Bola voli sendiri dimainkan oleh 6 orang pemain, hal ini berlaku untuk bola voli indoor.  Sedangkan untuk bola voli outdoor atau voli pantai, maka jumlah pemain hanya terdiri dari dua orang. Bola voli sendiri memiliki organisasi intrenasional yang berfungsi sebagai waah dari cabang olahraga ini yaitu FIVB (Federatuin Internationale de Volleyball). Federasi ini berfungsi sebagai induk organisasi bola voli di seluruh dunia, untuk di indonesia sendiri memiliki PBVI yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Untuk menambah wawasan, kali ini kita akan membahas tentang bola voli sekaligus Asal Usul Permainan Bola Voli.

Awalnya bola voli memiliki ‘Mintonette’ ini diciptakan oleh William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895 di daerah Amerika Serikat Bagian Timur tepatnya di Holyoke, Massachustts. William sendiri merupakan pelatih pendudukan jasmani pada YMCA, beliau lahir tahun 1870 dan meninggal tahun 1842. William sendiri menciptakan permainan bola voli karena terinspirasi oleh permainan bola basket. Wlliam sendiri pernah bertemu dengan James Naismith yang merupakan seorang pemain bola basket. Namun sedikit dimodfikasi dengan menggunakan tangan karena dahulu orang yang memainkan bola voli mayoritas sudah berusia tua. Hingga permainan bola voli ini bisa dimainkan tanpa mengenal gender serta batasan usia termasuk di YMCA itu sendiri.

Pada tahun 1896, nama bola voli cukup dikenal setalah pergantian nama.  Pengubahan nama bola voli dikenalkan ke mata publik setelah digelarnya kompetisi bola voli saat di YMCA Training School. Awalnya William mendapatkan undangan dari Dr. Luther Halsey Gulick yang merupakan Executive Director of Departement of Pyisical Education of the International Committee of YMCA. Saat itu William membawa dua tim sekaligus untuk menampilkan permainan bola voli sekaligus menjelaskan aturan main serta posisi pemain bola voli   pada masing-masing tim. Saat itu banyak orang antusias sekaligus berkeinginan untuk memainkan bola voli ini secara massal. Apalagi setelah Willian bengatakan bahwa permainan bola voli sangat fleksibel karena bisa dimainkan tidak hanya di dalam ruangan tetapi juga di luar ruangan.

Tidak cukup hanya itu William pun mengatakan bahwa permainan ini memiliki inti mempertahankan bola dalam posisi bergerak untuk melintasi net dan mematikan bola di wilayah musuh. Acara demonstasi itupun sukses dan membawa bola voli terus tersebar dan digemari di berbagai negara di belahan dunia hingga saat ini terus eksis. Demikianlah informasi tentang Asal Usul Permainan Bola Voli yang bisa kami informasikan kepada anda.  Kunjungi terus situs desabola untuk mendapatkan berita serta informai menarik lainya seputar bola voli dan olahraga lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *