9 Wisata Kuliner Legendaris di Bogor Wajib Coba, Bikin Nyesel Kalau Dilewatkan

Kapan kamu terakhir kali liburan ke Bogor? Selain terkenal sebagai Kota Hujan, Bogor menjadi salah satu destinasi liburan favorit yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, meski kamu beberapa kali main ke sana, Bogor masih tetap asyik untuk dinikmati.

Ini karena Bogor bukan hanya menghadirkan satu jenis atraksi wisata, melainkan ada banyak pilihan hiburan yang kamu pilih saat main-main ke Bogor. Mulai wisata alam, wisata sejarah, hingga beragam event wisata seru yang hadir sepanjang tahun.

Selain yang sudah disebutkan, Bogor masih punya daya tarik lain yang nggak boleh sampai dilewatkan. Benar saja, selain tempat wisata yang lengkap, Bogor juga memiliki banyak sekali kuliner enak. Bahkan, beberapa di antaranya sudah ada sejak lama lho. Lebih lanjut, berikut wisata kuliner legendaris di Bogor yang bakal bikin kamu menyesal jika sampai melewatkannya.

Soto Kuning Pak Yusuf

Makanan pertama yang wajib banget kamu coba saat main ke Bogor adalah Soto Kuning. Tahu nggak sih, jika di Bogor juga ada salah satu soto kuning paling legendaris, dan tentunya super enak lho. Kuliner tersebut bernama Soto Kuning Pak Yusuf.

Hadir sejak 1977, Soto Kuning Pak Yusuf punya kuah super gurih dan lezat. Dagingnya sangat berlimpah, dengan tekstur yang mudah dikunyah. Kesegarannya cocok banget dijadikan santapan kala sarapan.

Cungkring Pak Jumat

Boleh dibilang cungkring menjadi salah satu makanan tradisional yang keberadaannya hampir punah di Bogor. Padahal makanan yang dibuat dari kikil sapi ini begitu lezat dan menggugah selera buat dicoba. Biar makin puas merasakan pengalaman kulinernya, cobalah Cungkring Pak Jumat yang berada di daerah Suryakencana, Bogor.

Cungkring Pak Jumat sudah ada sejak 1975. Seporsi berisi kikil, kulit maupun urat sapi, yang dimasak dengan bumbu kuning. Penyajiannya semakin menggugah selera setelah disiram dengan bumbu kacang. Nggak heran, meski jualannya pakai gerobak, tetapi selalu banjir pengunjung, termasuk wisatawan.

Asinan Bogor

Ada banyak sekali asinan yang bisa kamu temukan saat jalan-jalan ke Bogor. Akan tetapi, jika kamu ingin mencari yang legendaris, Asinan “Asli Bogor” wajib banget kamu pilih. Sudah ada sejak 1967, Asinan “Asli Bogor” menjual beragam jenis buah, sehingga bakal ada banyak pilihan asinan yang bisa kamu jumpai.

Saat cuaca sedang terik, asinan Bogor ini begitu segar dinikmati. Selain rasanya yang segar, citarasa pedasnya bikin kenikmatan Asinan “Asli Bogor” ini mampu menggoyang lidah.

Lumpia Basah Suryakencana

Bogor juga terkenal dengan jajanan Lumpia Basah. Nah, salah satu lumpia basah yang patut kamu coba dan sangat legendaris adalah Lumpia Basah Suryakencana. Sudah ada sejak 1972, dari aromanya saja Lumpia Basah Suryakencana begitu menggugah selera.

Jajanan ini juga kerap disebut sebagai Lumpia Basah khas Gang Arut. Selain itu isinya juga amat sederhana, yaitu hanya irisan bengkoang, tahu goreng, taoge, dan telur. Namun, saat kamu mencobanya, dijamin anti bosan, malah bikin nagih dan mau tambah lagi.

Soto Mie Agih

Nggak kalah legendaris, ada Soto Mie Agih yang sudah ada sejak 1965. Hanya yang perlu kamu tahu, daging dan kuah dari soto mie ini berasal dari babi. Dengan kata lain Soto Mie Agih termasuk kuliner non-halal. Namun, buat kamu yang nggak masalah menikmatinya, mampir dan cobalah.

Kuahnya begitu segar dan gurih. Bukan hanya mienya yang enak, babatnya juga lembut dan empuk. Meski hadir dengan banyak topping, tetapi Soto Mie Agih yang ada di daerah Suryakencana nggak bikin eneg. Cocok banget disantap setelah pelesiran ke beberapa tempat wisata hits di Bogor.

Taoge Goreng Hj Omah

Taoge Goreng menjadi salah satu makanan khas Bogor yang cukup melegenda. Jika kamu ingin yang nggak sekadar melegenda, melainkan super enak, kamu bisa menjatuhkan pilihan ke Taoge Goreng Hj Omah. Hadir sejak 1970, Taoge Goreng Hj Omah punya citarasa yang menggoyang lidah, dan nggak pernah berubah sejak pertama kali jualan.

Seporsi Taoge Goreng Hj Omah, hadir dengan taoge rebus yang dicampur dengan mie dan kuah oncom merah, tauco dan tentunya kecap manis. Kombinasi tersebut bikin Taoge Goreng Hj Omah berasa gurih-manis. Kelezatannya pun semakin mantap dengan tambahan kerupuk mie.

Martabak Encek

Namanya boleh unik, tetapi soal rasa jangan dulu memandang sebelah mata sebelum betul-betul mencobanya sendiri. Martabak Encek Bogor ini sudah ada sejak tahun 1970. Buka mulai jam 2 siang, Martabak Encek selalu banjir pembeli. Yang bikin spesial, penjualnya yang nggak lain seorang kakek, mempertahankan cara masak martabak menggunakan arang dari dulu. Nggak heran jika Martabak Encek tetap hits sampai sekarang. Beberapa varian favorit dari Martabak Encek, antara lain cokelat, kacang dan keju. Martabak ini berlokasi di perempatan Gang Aut, Suryakencana, Bogor.

Doclang Pak Odik

Hujan-hujan paling pas makan yang enak-enak, seperti doclang. Makanan khas Bogor ini cocok juga dijadikan pilihan makan siang yang begitu menggugah selera. Salah satu doclang enak plus legendaris banget di Bogor yang wajib kamu coba adalah Doclang Pak Odik. Makanan ini sudah ada sejak 1976. Citarasanya pun tetap dipertahankan.

Seporsi Doclang Pak Odik hadir dengan irisan pesor alias kupat yang dibungkus daun patat. Kemudian, ditambah dengan irisan tahu kuning goreng, serta potongan kentang rebus dan telur rebus. Sebagai penyempurna, kuah kacang disiramkan di atasnya, lalu dipungkasi dengan kecap legendaris Zebra yang nggak ada duanya.

Es Pala Bu Aisyah

Biar nggak makan yang gurih-gurih terus, dan wisata kuliner kamu di Bogor makin sempurna, coba juga menikmati sajian manis dan menyegarkan seperti Es Pala. Salah satu yang paling terkenal dan legendaris adalah Es Pala Bu Aisyah yang sudah ada sejak 1943.

Rasa asam pala berpadu dengan manisnya air gula dan kesegaran es batu, membuat dahaga di siang hari langsung sirna. Apalagi Es Pala Bu Aisyah ini hadir dengan beragam varian. Kamu bisa mencoba rasa orisinal, maupun dengan tambahan kelapa muda, mangga hingga sirsak.

Dari kesembilan kuliner legendaris tersebut, mana yang ingin kamu coba dulu saat main ke Bogor? Buruan segera bikin rencana liburan, dan menikmati ragam wisata kuliner legendaris di Bogor. Jangan sampai menyesal karena lupa mencobanya, ya, KLovers.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *