5 Motor Kecil yang Diproduksi Secara Massal di Dunia

Sepeda motor yang ada di jalanan memiliki banyak ururan dan model. Produksi dilakukan berdasarkan kebutuhan setiap karakteristik pengendara, baik dari sisi kecepatan, peruntukannya dan juga kebutuhan balap.

Dilansir dari TheTHINGS, Senin 2 Maret 2020, menurut Guinness World Records, motor terkecil yang pernah dibuat adalah Smalltoe. Tingginya 2,55 inci dengan berat 2,4 pound. Motor ini pun dibikin oleh Tom Wiberg dari Serdia.

Meskipun bisa dikendarai, motor itu tidak diproduksi massal, sebab tidak memenuhi ketentuan hukum yang berlaku. Hal tersebut kemudian menginsiprasi pabrikan besar untuk memproduksi motor kecil yang layak dan memenuhi syarat untuk dikemudikan di jalan umum.

Berikut ini daftar 5 motor terkecil yang beredar di jalanan saat ini.

  1. Honda Monkey Z50

Pada 1964 honda merilis sebuah lagu berjudul Little Honda, yang bercerita tentang motor kecil Honda 50. Pada momen itulah awal produksi motor kecil Honda dilakukan.

Versi terbaru Honda Z50 Monkey 2019 mungkin sedikit lebih kecil dari produksi awal. Tetapi impresi berkendarannya bagi banyak orang sama menyenangkannya.

  1. Kymco Spade 150

Kymco mempernalkan Spade 15 untuk mengambil keuntungan pasar yang mengembangkan minibike yang sudah didominasi oleh merek-merek raksasa lainnya. Spade 150 menggendong mesin 149 cc silinder tunggal berpendingin udara.

  1. Honda Grom

Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 2014 lalu. Minimoto 125 cc bersilinder tunggal ini minim fitur teknologi, namun menyenangkan untuk dikendarai di jalan atau di jalur gunung.

  1. Honda Motocompo

Honda menjual Skuter Motocomp dari 1981 hingga 1983. Promosi yang dibuat adalah motor ini merupakan trunk bike yang muat di bagasi mobil dan dibawa ke mana pun.

  1. KTM 125 Duke

KTM adalah salah satu merek motor terlaris di India. Dengan suspensi depan upside down dan ban yang ‘gemuk’ menjadi daya tarik sendiri bagi merek motor ini.

Duke 125 ditenagai oleh mesin 125 cc berpendingin mesin yang menggunakan cairan. Kuda besi satu silinder ini menghasilkan tenaga 14,5 tenaga kuda, yang menjadikannya kompetitif dibandingkan motor 150 cc lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *