4 Tips Menyetrika Baju Biar Baju Tidak Cepat Rusak

Menyetrika baju, memang salah satu aktivitas yang sudah tidak asing lagi untuk anda semua. Namun untuk menyetrika baju sendiri mempunyai metode agar pakaian atau baju anda nantinya lebih awet. Jika anda salah dalam hal ini, sudah bisa dipastikan jika pakaian anda nantinya cepat rusak.

Perlu anda ketahui juga jika ada beberapa jenis bahan pakaian yang tidak perlu anda setrika, dan anda juga harus menyimpannya secara hati-hati agar tidak kusut. Karena jika baju tersebut menjadi kusut akan terlihat biasa saja, terlebih lagi untuk anda yang fashionable.

4 Tips Menyetrika Baju Biar Baju Tidak Cepat Rusak

Mengingat sangat berpengaruhnya baju pada penampilan anda, maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menyimak 4 tips menyetrika baju biar baju tidak cepat rusak berikut ini.

Hindari Mengeringkan Baju Dalam Waktu Lama

Menjemur baju terlalu lama dibawah paparan sinar matahari atau mengeringkan baju dengan pemanas dengan durasi waktu yang lama akan menjadikan pola baju menjadi keras atau kaku. Pada kondisi seperti ini baju akan menjadi sulit untuk diatur kembali, meskipun sudah menggunakan setrika.

Sebenarnya hal ini bisa diakali dengan memanaskan suhu setrika untuk mengembalikan bentuk baju seperti sedia kala, namun pastinya juga akan beresiko tinggi terhadapat baju. Jadi pastikan anda menjemur atau mengeringkan baju dengan durasi waktu yang pas.

Jangan Menyetrika Secara Melingkar

Pada saat anda menyetrika baju, pastikan anda tidak menyetrika secara melingkar, karena dengan cara ini bisa menjadikan baju anda menjadi melar. Pastikan anda menggunakan cara memanjang untuk baju tetap terlihat rapi tanpa harus merusak bentuknya.

Hindari Menyetrika Dalam Keadaan Lembab

Terkadang ketika sedang terburu-buru digunakan untuk acara, baju yang belum benar-benar kering harus disetrika hanya untuk bisa dipakai. Padahal sangat tidak baik jika anda menyetrika baju dalam keadaan lembab, karena dalam kondisi ini bisa mempercepat proses pelapukan pada bahan pakaian, dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap meskipun anda sudah memberinya pewangi pakaian ataupun juga pelicin. Anda bisa mengangin-anginkan bajuĀ  dalam rumah dari pada harus menyetrika baju dalam keadaan lembab.

Sesuaikan Suhu Setrika

Hampir disemua setrika listrik mempunyai ukuran atau panduan tentang tingkat suhu,dan biasanya anda akan menyesuaikan suhu setrika berdasarkan jenis kain bukan? jika iya, mulai sekarang sebaiknya anda berhenti untuk melakukan hal tersebut. Pasalnya menyesuaikan suhu serta jenis baju akan berpengaruh pada keawetan baju tersebut.

Sebaiknya anda memulai setrika dengan mencari pakaian yang lebih halus terlebih dahulu yang sudah pasti tidak membutuhkan suhu yang terlalu panas, selanjutnya disusul dengan jenis kain yang membutuhkan panas lebih, seperti katun atau linen. Dan pastikan anda mendiamkan alat setrika beberapa saat ketika anda mengubah suhunya.

Itulah 4 tips menyetrika baju biar baju tidak cepat rusak yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah agar baju anda lebih awet pastinya. Untuk alat setrika sendiri saat ini anda juga sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencarinya, karena sudah banyak dalam pasaran, dan untuk harga setrika sendiri sangat bervariasi, jadi anda bisa memilih sesuai dengan budget anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *