10 Langkah Belajar Microsoft Word Tercepat Untuk Semua

Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata yang paling umum digunakan. Berbagai pengetahuan dasar seperti cara menghapus halaman kosong di Word, dan beberapa cara lainnya perlu Anda kuasai untuk memudahkan pengolahan data pada halaman kerja.

Meskipun bukan suatu keharusan untuk bisa mengoperasikan Ms Word, namun sebagai pengguna komputer, terlebih jika Anda seorang, pelajar, mahasiswa ataupun pekerja, sangat diperlukan untuk mengetahui tips dasar penggunaan Ms Word.

Nah, jika Anda masih bingung mengenai software ini, tidak perlu risau, berikut ini terdapat 10 langkah belajar Microsoft Word tercepat untuk semua yang siap membantu Anda.

  1. Mengatur Page Setup dan Margin

Page Setup memungkinkan Anda untuk merapikan bentuk halaman. Sementara margin memungkinkan Anda untuk mengatur jarak antara ujung halaman dengan isi dokumen.

Caranya yakni pilih tab Layout dan pilih Page Setup. Di sana Anda dapat mengatur jarak margin serta menerbitkan orientasi.

  1. Mengelola Paragraf

Berfungsi untuk mengelola posisi paragraf, apakah akan rata kanan, rata kiri, tengah atau akan lurus. Caranya klik tab Home dan pilih pada group paragraph dan pilih jenis paragraf yang Anda inginkan.

  1. Menggunakan Page Break

Page Break memungkinkan Anda untuk menambahkan halaman kosong baru meskipun pada lembar sebelumnya masih terdapat ruang untuk menulis. Adapun langkahnya yaitu klik tab Insert, kemudian pada group Pages pilih Page Break.

  1. Header & Footer dan Page Number

Header & Footer biasanya digunakan untuk memberikan nomor pada halaman, jika margin digunakan untuk mengatur sebelah kanan atau kiri, maka khusus untuk atas dan bawah Anda bisa menggunakan menu header & footer.

Untuk menggunakan perintah ini silahkan klik Insert dan pilih Header & Footer.

  1. Menambahkan Gambar, Tabel dan Caption

Salah satu kelebihan dari Ms Word adalah, Anda dapat menambahkan gambar, tabel beserta caption. Semua itu bisa Anda lakukan melalui tab menu Insert.

  1. Menggunakan Style serta Membuat Daftar Isi Otomatis

Style pada Microsoft Word merupakan wadah penyimpanan pengaturan tertentu yang bisa Anda terapkan pada beberapa elemen dokumen. Style ini memungkinkan Anda memiliki dokumen yang lebih rapi dan konsisten serta Anda tidak perlu mengubah pengaturan serupa secara berulang-ulang.

  1. Menambahkan Kutipan dan Daftar Pustaka

Kutipan adalah perihal penting yang digunakan untuk mempertegas argumen yang dimaksud.

  1. Menambahkan Cover Page

Tidak ingin repot membuat cover halaman? Dapatkan secara otomatis melalui Insert lalu pilih Cover Page pada group Pages.

  1. Menggunakan Themes

Berikan tampilan yang berbeda pada Word Anda menggunakan tema yang menarik. Caranya klik Design dan pilih Themes.

  1. Menggunakan Kotak Pencarian Guna Mencari Tool

Ketika lupa atau bingung letak tools yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan kotak pencarian untuk mempercepat pencarian.

Itulah 10 langkah menguasai Ms Word untuk semua dengan mudah dan tentu saja cepat. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *